Monday, October 15, 2012

Resume Pelayanan Cloud Computing pada Seminar "Fenomena Teknologi Cloud Computing di Indonesia"

 Semakin hari semakin banyak teknologi yang berkembang saat ini. Terutama teknologi cloud yang sedang buming di segala penjuru dunia ini. Kita sudah mencoba untuk mengenalkan teknologi cloud computing sebelumnya. Cuman kali ini saya ingin meresume apa yang telah saya dapat di seminar "Fenomena Teknologi Cloud Computing di Indonesia" pada tanggal 13 Oktober 2012 di Institut Teknologi Telkom Bandung.

Baik, diawali dengan pendahuluannya untuk mengetahui teknologi cloud ini, kita harus tau definisi cloud itu apa sih? Sebelumnya kita sudah pernah mencoba untuk membuat postingan tentang "Mengenal Teknologi Cloud", jadi saya kira anda bisa buka link tersebut untuk berkenalan dengan teknologi cloud saat ini.

Saya singgung sedikit pendahuluan teknologi Cloud Computing ini.
Teknologi Cloud Computing ini adalah suatu pengaksesan data dengan mudah, dimana saja, kapan saja, asalkan kita bisa terhubung kedalam suatu internet. Tampa adanya internet semua teknologi cloud computing ini hanya sia-sia. Maka dari pada itu teknologi pada saat ini sangat mempermudah para user untuk melakukan segala aktivitas bisnisnya dengan cara virtual, "Bekerja Didalam Internet". Cloud Computing ini sangat membantu kita sekali didalam penyimpanan suatu data. Data yang kita simpan di server yang kita gunakan, maka saat kita butuh data tersebut, tanpa kita membawa laptop kita, dan tanpa membawa flashdisk, kita hanya membawa tablet kita, kita sudah bisa bekerja secara maksimum dengan menggunakan teknologi cloud tersebut. Data kita ada dimana-mana sesuai dengan dimana kita mengaksesnya dengan cara menggunakan akun kita masing-masing.

Lalu ada yang bertanya, "Lalu apa saja sih layanan yang disediakan oleh Cloud Computing ini?
Saya sekarang mau mencoba membahas satu-persatu untuk mengetahui apa saja layanan yang ada di Cloud Computing ini.
  • Software as a Service (SaaS)
    Yang pertama ini adalah layanan SaaS yang diberikan kepada Cloud Computing tersebut. dan Apasih Saas Tersebut? Baik, SaaS tersebut adalah layanan Cloud Computing dimana kita tinggal memakai perangkat lunak atau software yang telah disediakan? Lahh maksudnya gimana? Maksudnya gini, Kita cukup tau bahwa perangkat lunak bisa berjalan dan bisa digunakan dengan baik. Saya ambil contoh Office 365, Microsoft Dynamics, Sales Force, media social seperti Facebook, penyedia layanan seperti Email (Gmail, YahooMail, Hotmail, dsb), GoogleDoc, Dropbox, Skydrive, dan masih banyak lagi yang lainnya.
    Lalu dalam perkembangannya banyak perangkat lunak yang dulu hanya kita bisa menikmati dengan menginstall aplikasi di komputer kita ataupun di laptop kita, sekarang mulai bisa kita nikmati lewat Cloud Computing ini. Dengan keuntungannya kita tidak perlu membeli software bahkan kita tidak membutuhkan software tersbut., kita hanya membutuhkan browser saja dan terkoneksi ke internet. Sebagai kita rasakan pada saat ini SaaS ini seperti GoogleDoc. Anda semua pasti tau tentang GoogleDoc, nah sistem kerjanya seperti itu. Jadi kita tidak usah install software di laptop kita. Kita cukup butuh browser, dan terkoneksi ke internet, kita sudah dapat melakukan pengerjaan dengan teknologi Cloud Computing tersebut dengan mudah.
  • Platform as a Service (Paas)
    Yang kedua ini adal PaaS. Yaitu layanan dari Cloud Computing yang paling istimewa. Dimana kita menyewa Home berikut lingkungannya seperti Sistem Operasi, Network, Database, Framework Aplikasi, dan lain-lain. Ibarat lain, seperti Anda membeli Hosting dan Memiliki Domain, Nahh saya contohkan seperti itu. Jadi kita dapat melakukan pekerjaan kita dengan mudah dengan menggunakan teknologi tersebut. Pokoknya Anda akan merasa nyaman dengan menggunakan teknologi tersebut. Tetapi dengan syarat PaaS ini biasanya berbayar sesuai dengan kebutuhan kita, dan berapa lama kita pakai.
    Sebagai contoh penyedia layanan Paas Tersebut seperti Amazon Web Service, Windows Azure, Kata saya bilang tadi seperti Anda membeli hosting pun Anda sudah termasuk pengguna PaaS.
  • Infrastructure as a Service (IaaS)
    Yang ketiga ini IaaS, adalah sebagai layanan dari Cloud Computing yang dimana kita bisa menyewa infrastruktur IT contoh (Komputasi, Storage, Memory, Netwrok dan sebagainya). Disini kita mendefinisikan beberapa besarnya unit komputasi kita CPU, penyimpanan data kita Storage, Memory RAM, Bandwith, dan konfigurasi lainnnya kita sewakan kepada user atau yang membutuhkan.
    Mudahnya IaaS ini seperti kita menyewa komputer virtual yang masih belum ada apa-apanya, ibaratnya kosong. Dimana setelah komputer ini diesewakan kita bisa menggunakannya terserah dari kebutuhan kita, Anda dapat menginstall sistem operasi dan aplikasi apapun yang Anda inginkan.
    Kalau saya contohkan itu seperti Anda sedang meremote server Anda. nah contoh penyedia layanan Iaas ini seperti Windows Azure (soon), dan Amazon EC2.
    Dengan anda menggunakan IaaS ini adalah kita tidak perlu membeli speck komputer kita terlalu besar, dan kita hanya cukup membeli komputer dengan spek yang cukup standar. Dengan kata lain, dengan menggunakan teknologi IaaS ini anda sudah memberikan kesempatan untuk menyimpan data Anda, RAM kita, pokoknya berhubungan dengan perangkat keras yang ada pada PC/Laptop kita sudah bisa anda nikmati dengan menggunakan IaaS ini dengan cara virtual.
Maka dari pada itu layanan teknologi cloud computing saat ini harus kita perdayakan, karena semakin hari, teknologi terus sangat berkembang, setiap detik, setiap jam informasi berubah-ubah. Perdayakan teknologi informasi saat ini, gunakan kemanfaatan internet dengan kebutuhan yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Sebetulnya saya ingin share tentang server virtualization dan virtualization data center, mungkin saya akan bahas tentan teknologi tersebut di yang akan datang, Tetapi segera saya akan posting tentang informasi selanjutnya.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita, semoga ilmu kita bertambah, dan semakin tau perkembangan teknologi informasi saat ini.

5 comments

October 22, 2012 at 9:58 AM

Keren banget cloud ini, sekarang untuk file berukuran kecil -sedang saya justru lebih bergantung pada cloud daripada flashdisk. Lebih praktis karena saya bisa gunakan via hp.

Anonymous
July 10, 2013 at 11:58 AM

Very good ideas and excellent writing fundamental essentials a pair of parts which can make
your own blog site relating to variable piano benches wonderful.

Remarkable is simply any appearance that could describe this kind of website relating to piano
table.

my web site: Average Price Of A New Grand Piano

Anonymous
July 17, 2013 at 9:23 AM

Appreciate your web site submit. Brown my partner and i have been preserving for
our fresh publication using this type of really make a difference along with your
publish has established we all to conserve our personal cash.
Your ideas really settled each of our problems. Really, over precisely what

there were regarded as just before the required time most of us noticed your personal excellent
blog. We not nutriment questions
in addition to a troubled thoughts because you have totally dealth using your individual specifications in
this article. Regards

my blog - entertainment armoire ()

Anonymous
October 24, 2013 at 6:27 AM

If you are planning to buy piano benches, it can help once you
know what to select and where you can purchase them at affordable prices but with high quality.
The key part of double piano benches is to let the piano learners achieve the training practice easily while boosting their own skills.
Furthermore make sure the particular specs to make sure that
you are not purchasing the ones marketed for organs, because
these will likely be way too high for the normal traditional
acoustic pianos.

My web page :: best facebook company pages - fmuk.net -

Anonymous
October 26, 2013 at 3:07 PM

Using a 1980’s Casio electronic keyboard with a maximum of only 20
tiny keys may not be your best choice if you really want to learn how to play the keyboard, but if that's what you
have, then it's a starting point at least and is a simple introduction to notes on the keyboard.
Digital pianos typically arrive in 61, 76, or 88 keys.
These as well comprise of the lack of implementation of harmonic tones, which result when some mixtures of notes are sounded,
restricted to polyphony, and a lack of innate reverberation when the
piano is actually played percussively.

My website :: amazon kindle fire hd case - biancaelk.sportsblogg.se -

Post a Comment