Tuesday, October 9, 2012

Belajar Mudah Codeigniter HelloWord dan Listing Data


Hello teman-teman, kali ini saya sedang belajar framework nih, dan saya mau berbagi sama juga sama teman-teman sekalian, agar dimana nantinya teman-teman dapat mengerti tentang framework Codeigniter ini. 

Sekilas tentang codeigneter yang saya dapat dari Wikipedia yaitu :
CodeIgniter adalah aplikasi open source yang berupa framework dengan model MVC (Model, View, Controller) untuk membangun website dinamis dengan menggunakan PHP. CodeIgniter memudahkan developer untuk membuat aplikasi web dengan cepat dan mudah dibandingkan dengan membuatnya dari awal. CodeIgniter dirilis pertama kali pada 28 Februari 2006. Versi stabil terakhir 2.1.2 yang dirilis pada 29 Juni 2012.
Sebelum membahas lebih jauh tentang salah satu framework PHP ini, mungkin kalian ada yang masih bingung apa itu Framework, apa itu MVC (Model, View, Controller)?
Framework secara sederhana dapat diartikan kumpulan dari fungsi-fungsi/prosedur-prosedur dan class-class untuk tujuan tertentu yang sudah siap digunakan sehingga bisa lebih mempermudah dan mempercepat pekerjaan seorang pemrograman, tanpa harus membuat fungsi atau class dari awal.

Jadi CodeIgniter ini sangat membantu kita didalam pembuatan aplikasi website teman-teman. Tetapi kali ini saya akan berbagai dengan teman-teman tentang, Bagaimana sih cara membuat HelloWord dan Listing Data dengan CodeIgniter ini. Baik saya akan mencoba share besama teman-teman semua.

Siapkan perlatan perang.
  • XAMPP bebas versi berapa aja.
  • Download FrameWork nya disini teman-teman CodeIgniter.
  • Siapkan text editor teman-teman.
  • Cemilan dan ajak teman untuk belajar bareng.
Memulai Perang.
  1. Diawali dengan Bissmillah...
  2. Install XAMPP teman-teman, sesuai dengan kriteria dan ketentuan penyimpanan teman-teman.
  3. Extract file CodeIgniter tersebut kedalam localhost teman-teman. contoh : htdocs\CodeIgniter.
  4. Bikin file di controllers, caranya masuk ke htdocs\CodeIgniter\controllers. dan Buat isi seperti ini.

  5. isi nama file tersebut dengan nama hello.php ingat data ini disimpan di htdocs\CodeIgniter\controllers.
  6. Lalu teman-teman buka dan rubah default_controllers  htdocs\CodeIgniter\application\config pada file routers.php. Nampak jelas pada line 41
    $route['default_controller'] = "welcome"; <-- rubah enjadi hello
    $route['default_controller'] = "Hello"
  7. Selanjutnya teman-teman buat file baru dan disimpan di htdocs\CodeIgniter\application\views dan buat file dengan nama file_data.php.
  8. didalam file_data.php tersebut teman-teman isikan coding seperti dibawah ini:

  9. Nahh sekarang teman-teman tinggal coba deh masukan url di browser teman-teman http://localhost/CodeIgniter/index.php 
  10. Dan apa yang muncul?

Alhamdullillah ternyata teman-teman bisa juga membuat aplikasi HelloWord dengan framework CodeIgneter. Semoga ilmu ini bermanfaat, dan saya harap amalkan ilmu ini dan sebarluaskan kepada rekan-rekan sesohib Anda. Amalkan Walaupun Satu Ayat.