Tuesday, September 25, 2012

Mengenal Teknologi Cloud Computing

Semakin berkembangnya tekonlogi saat ini, semakin dipermudah kita oleh segala sistem yang diberikan oleh teknologi saat ini. Pasti teman-teman merasakan dengan menggunakan teknologi cloud computing ini. 

Teknologi cloud computing ini sekarang ini telah menjadi pembahasan yang sangat menarik di Indonesia, dengan cara mengenal apa sih Teknologi Cloud Computing itu itu, sampai membahas tentang seluk beluk si teknologi komputing ini.

Di tahap awal pembahasan cloud computing ini, saya akan menenalkan kembali kepada teman-teman yang mau mencoba menggunakan teknologi cloud computing ini. Tak kenal maka tak sayang, Maka saya akan mencoba memberitahu kepada teman-teman, apa sih sebenernya teknologi cloud computing ini, dan bagaimana sih kerja dari teknologi cloud computing ini. Di tahap awal ini saya akan mencoba mengenalkan teknologi cloud computing ini.

Apa yang dimaksud dengan Teknologi Cloud Computing?
Cloud Computing ialah suatu pengaksesan data dengan mudah, dimana saja, kapan saja, bebas saja, selama teman-teman masih terhubung dengan internet. Namun kali ini sangat berbeda dengan kondisi penggunaan internet saat ini teman-teman.  Penggunaan yang sangat mudah diberikan oleh server yang sangat membantu kemudahan didalam mengerjakkan sesuatu. 

Saya akan beri contoh kepada teman-teman bagaimana sih teknologi cloud computing ini terasa di diri teman-teman. Pada saat teman-teman membeli laptop baru, pastinya teman-teman harus menginstall paket-paket aplikasi penting, seperti MS Office terutama yang terpenting didalam laptop teman-teman. Tapi sekarang dengan teknologi cloud computing, teman-teman tidak usah menginstall paket MS Office lagi di laptop teman-teman, cukup dengan teknologi cloud computing ini teman-teman sudah bisa mengakses MS Office secara online, mengerjakan sesuatu dengan online, merubah data secara online, semuanya serba online. Kenapa serba online? Karena apabila teman-teman masih menggunakan secara offline, teman-teman pasti bisa merasakan sulitnya kita mengerjakan sesuatu dengan susah payah, ehh ternyata dilaptop atau flashdisk kita terdeteksi virus, terkadang saat antivirus mendeteksi bahwa projek kita ini adalah virus, maka data kita akan terhapus, sedangkan kita tidak punya backupnya lagi. Apa yang akan teman-teman rasakan saat kehilanan data yang anggap teman-teman penting. Maka hadirlah teknologi cloud computing di sisi teman-teman sekarang saat ini. Dan teman-teman juga diberi kemudahan, untuk mendapatkan data tersebut, teman-teman juga tidak perlu membawa laptop atau flashdisk untuk mendapatkan file yang teman-teman anggap penting itu, cukup dengan akses online tersebut teman-teman dapat memiliki data teman-teman yang dianggap teman-teman penting.

Namun, ada yang menjadi pertanyaan dari teknologi cloud ini, yaitu tentang Keamanan / Security data teman-teman tersebut? Menurut pakar "Bahwa teknologi cloud akan banyak yang menggunakan setidaknya dalam 5 tahun kedepan - Jhon Wilis.

Tapi  teman-teman tidak perlu pesimis dengan penggunaan teknologi cloud computing ini, Walaupun fase awal menurut Frank Gillet dari Forrster Resarch ini sedikit membelokan hati para penggunaan cloud computing ini, maka saya yakin sudah banyak orang melakukan teknologi cloud ini secara aman, terutama saya sendiri yang menggunakan teknologi cloud computing.

Tahap pengenalan teknologi cloud computing disini saya tidak menjelaskan bagaimana proses bisnis. Tahap selanjutnya nanti akan dibahas teknologi computing khusus bisnis.


Terimakasih teman-teman sudah membaca artikel kami.