Wednesday, October 24, 2012

Tipe Data Boolean PHP


Kali ini saya mau berbagi ilmu tentang Tipe Data, tapi tipe data disini menjelaskan tentang Tipe Data Boolean yang ada pada PHP. Pastinya teman-teman sudah mengenal Tipe Data Boolean yang ada pada PHP dan bagaimana cara kerja tipe data boolean. Ok... Saya disini ingin membuat sedikit catatan kecil untuk teman-teman yang mau baru mengenal Tipe Data Boolean ini.

Sebelum mengenal Tipe Data yang lain teman-teman harus mengenal terlebih dahulu apa itu Boolean.
Tipe Data Boolean : Adalah merupakan tipe data logika, yang berisi dua kemungkinan nilai. yaitu terdiri dari nilai TRUE (benar) atau FALSE (salah). Belajar tipe data boolean di PHP sangat mudah sekali, apalagi teman-teman yang baru mau mencoba mengenal pemograman PHP dengan menggunakan tipe data boolean ini. Pokoknya tidak pusing deh ...

Baik sekarang saya coba buat code dengan menggunakan tipe data boolean ini, lalu teman-teman coba ikuti code yang telah saya buat. Teman-teman bisa eksperimen lagi dari contoh yang telah saya buat ini.
<html>
    <head>
        <title>PHP4</title>
    </head>
    <body>
    <h1>Belajar Tipe Data Boolean</h1>
    <?php
        $nim = "10508107";
        $nama = "Adi Rosadi";
        $status = true;
       
        echo "NIM = " . $nim . "<br>";
        echo "NAMA = " . $nama . "<br>";
        echo "STATUS = ";
        if ($status)
            echo "Anda Mahasiswa Aktif";
        else
            echo "Anda Mahasiswa Tidak Aktif";
            ?>
    </body>
</html>

Nah dari kode di atas dapat disimpulkan bahwa variabel status berisikan true (teman-teman bisa menggantinya dengan false untuk mencobanya). Nah... pass saat echo "STATUS" bisa dilihat nilainya masih kosong. maka kita buat kondisi if dan else nah teman-teman buat if tersebut berisikan variabel status, lalu tampilkan mana yang aktif, status bernilai true maka akan muncul "Anda Mahasiswa Aktif " , tetapi apabila status bernilai false maka akan muncul kalimat "Anda Mahasiswa Tidak Aktif". jadi logikanya seperti itu teman-teman...

Semoga teman-teman mengerti apa yang telah saya berikan disini. Semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman.

5 comments

October 25, 2012 at 10:17 PM

mantabs artikelnya tapi jangan lupa kalau mau cari kost kesini yah

October 27, 2012 at 10:53 AM

Kalau simbol $ saya tambahi jadi $$, kira2 program jadi gak ya? hihihihi . :)

November 9, 2012 at 10:00 AM

@Info KostMakasih broo. Okai ane izin ke TKP :D buat info2 nya. Thanks gan :D

November 9, 2012 at 10:01 AM

@Idah CerisJangan ih, nanti error programnya :p

Post a Comment