Tuesday, August 21, 2012

Pengenalan Javascript

Teman-teman kali ini saya mau membahas tentang Javascript. Javascript diperkenalkan pertama kali oleh Netscape pada tahun 1995. Pada awalnya bahasa ini  dinamakan  “LiveScript”  yang  berfungsi  sebagai  bahasa  sederhana  untuk  browser  NetscapeNavigator 2. Pada masa itu bahasa ini banyak di kritik karena kurang aman, pengembangannya yang terkesan  buru  buru  dan  tidak  ada  pesan  kesalahan  yang  di  tampilkan  setiap  kali  kita  membuat kesalahan pada  saat menyusun  suatu program. Kemudian  sejalan dengan  sedang giatnya kerjasama antara  Netscape  dan  Sun  (pengembang  bahasa  pemrograman  “Java”  )  pada  masa  itu,  maka Netscape memberikan  nama  “JavaScript”  kepada  bahasa  tersebut  pada  tanggal  4  desember  1995.
Pada  saat  yang  bersamaan Microsoft  sendiri mencoba  untuk mengadaptasikan  teknologi  ini  yang mereka  sebut  sebagai  “Jscript”  di  browser  Internet  Explorer  3.  Javascript  adalah  bahasa  yang berbentuk  kumpulan  skrip  yang  pada  fungsinya  berjalan  pada  suatu  dokumen  HTML,  sepanjang sejarah  internet  bahasa  ini  adalah  bahasa  skrip  pertama  untuk  web.  Bahasa  ini  adalah  bahasa pemrograman  untuk  memberikan  kemampuan  tambahan  terhadap  bahasa  HTML dengan mengijinkan pengeksekusian perintah perintah di sisi user, yang artinya di sisi browser bukan di sisi server web. Javascript bergantung kepada browser(navigator) yang memanggil halaman web yang berisiskrip  skrip  dari  Javascript  dan  tentu  saja  terselip  di  dalam  dokumen HTML.
Javascript  juga  tidakmemerlukan  kompilator  atau  penterjemah  khusus  untuk  menjalankannya  (pada  kenyataannya kompilator Javascript sendiri sudah termasuk di dalam browser tersebut). Lain halnya dengan bahasa “Java” (dengan mana JavaScript selalu di banding bandingkan) yang memerlukan kompilator khusus untuk menterjemahkannya di sisi user/klien.

1.2 Penulisan Java Script
Kode Java Script dituliskan pada file HTML.Terdapat dua cara untuk menuliskan kode-kode Java Script agar dapat ditampilkan pada halaman HTML, yaitu :
a) Java script ditulis pada file yang sama
Untuk penulisan dengan cara ini, perintah yang digunakan adalah 
<SCRIPT LANGUANGE =”JavaScript” >program java script disini</SCRIPT>.
Perintah tersebut biasanya diletakkan diantara Tag <BODY>…</BODY>
Contoh Penulisan :

<HTML>
<HEAD><TITLE>WEB ROSADI</TITLE>
</HEAD>
<BODY>
<SCRIPT LANGUAGE=”Javascript”>
Taro kode javascript teman-teman disini
</SCRIPT>
kode HTML disini
</BODY>
</HTML>

b) Javascript ditulis pada file terpisah
Kode  Javascript bisa  juga kita buat dalam  file  terpisah dengan  tujuan agar dokumen HTML  isinya tidak terlalu panjang. Atribut yang digunakan adalah
<SCRIPT SRC=”namafile.js”>…</SCRIPT>
Diantara  tag  <SCRIPT………>  dan  <SCRIPT>  tidak  diperlukan  lagi  kode  Javascriptnya  karena
sudah dibuat dalam file erpisah. File yang mengandung kode Javascript berekstensi .js