Wednesday, August 15, 2012

Objek Oriented Programming

Teman-teman saya disini sekarang mau membahas tentang OOP (Objeck Oriented Programming).
Mungkin ada sebagian teman-teman yang belum mengenal hal yang satu ini tampak kebingungan apa sih si OOP ini?
Baik saya mencoba untuk menjelaskan perlahan-lahan tentang si OOP ini.

Yang akan dibahas didalam Part1 ini adalah:
~ Kelas
~ Objek
~ Properti
~ Metode
   - Fungsi
   - Prosedur
~ Parameter
~ Konstruktor

Mari kita mengenal point-point yang ada di atas.
-KELAS : Apa sih kelas itu? Kelas merupakan blueprint atau prototype objek.
-OBJEK : Nah apalagi itu objek? Nah kalau objek itu merupakan intansiasi dari sebuah class.
Pasti teman-teman sedikit bingung tentang penjelasan di atas tersebut. Saya coba jelaskan dibawah ini.
Sebagai Contoh
*Adi adalah seorang Manusia.
  - Jadi Adi ini adalah sebuah Objek.
  - Manusia adalah Class
*Mangga adalah sebuah Buah.
  - Jadi Mangga ini adalah sebuah Objek.
  - Nah kalau si Buah nya adalah sebuah Class.
Sekali lagi contohnya ya...
*Kucing adalah seorang Binatang.
  - Kucing ini adalah sebuah Objek.
  - Binatang in iadalah sebuah Class.

Sudah cukup mengerti kayaknya ini teman-teman untuk membahas tentang class dan objek. Nahh Kalau ada yang bingung dan mau menambahkan perbedaan antara kelas dan objek, bisa menambahkan di komentar ya teman-teman buat mendukung pembelajaran ini.


Nah, sekarang bagaimana sih pembuatan kelass itu? Teman-teman bisa liat contoh dibawah ini:

class NamaClass{
   //isi class
}

Misalnya

class Manusia{
   //isi class
} 

Nah selanjutnya teman-teman didalam Kelas ini ada ketentuannya. Ketentuannya bisa diliat dibawah ini:
  • Nama class tidak boleh mengandung whitespace.
  • Nama class tidak mengandung karakter Unik.
  • Nama class tidak boleh diawali dengan Angka.
  • Nama class tidak boleh sama dengan identifier yang bisa digunakan java seperti "for", "if", "while".
Pembuatan Objek

NamaClass namaObject = new
    NamaClass();

Misal:

Adi Manusia = new Manusia();

Misal Lagi:

Mangga Buah= new Buah();

  • Class utama merupakan kelas yang mimiliki metode:
public static void main(String[]args){
   //isi metode
}
  •  Class ini merupakan kelas yang dapat dijalankan sebagai program
Penjelasan tentang koding di atas tadi:
- Public, artinya hanya dapat diakses oleh siapapun.
- Private, artinya hanya dapat diakses sendiri
- Protected, artinya dapat diakses oleh sendiri dan turunannya.
- Default, artinya hanya dapat diakses oleh sendiri, keturunannya dan yang berada dalam satu paket.

Hayo teman-teman bisa langsung demokan materi yang pernah saya kasih dulu, Yang berjudul tentang HelloWord Form Java teman-teman bisa ikutin codingnya di page tersbut.

PROPERTI
Nahh setelah panjang lebar membahas tentang kelas dan objek, kita lanjut lagi ke Properti
Apa sihh Properti itu??
- Properti itu merupakan karakteristik yang dimiliki oleh si Class.
- Contohnya, Manusia memiliki Nama, TanggalLahir, Alamat, Agama, dan lain-lain.

Pembuatan properti ini teman-teman bisa lihat koding dibawah ini:

class NamaClass{
 TipeData  namaProperti;
 Class  namaProperti;
}
Sebagai Contoh Propperti nya
class Nama{
  public String namaDepan;
  public String namaBelakang;
}
Ini buat Kelas Manusia
class Manusia
  public Nama nama;
  public int umur;
}

Hayoo selanjutnya di coba sama teman-teman yaaa!!! :D

METODE
Selanjutnya kita akan bahas Metode
Terdapat 2 jenis metode, kalau teman-teman memiliki lebih dari 2 jenis, bisa kasih masukan ya.
  • Fungsi, yaitu metode yang mengembalikan nilai.
  • Prosedur, yaitu metode yang tak mengembalikan nilai.
 Bisa dilihat contoh pembuatan fungsi:
Nilai namaFungsi(){
  // isi fungsi
  return Objek Nilai;
}
Contohnya :
String getName(){
   return "Nama Saya ROSADI";
}

Ini pembuatan prosedur
void namaProsedure(){
  // isi prosedure
}
Contohnya :
void tampilkanNama(){
  System.out.println("Nama Saya Rosadi");
}
Hayoo selanjutnya di coba sama teman-teman yaaa!!! :D

PARAMETER
selanjutnya membahas Parameter
apa sih parameter itu? Parameter itu adalah merupakan nilai yang akan disisipkan terhadap metode.

Sebagai contoh bisa diikutin koding dibawah ini:
void namaParameter(TipeParameter namaParameter){
 // isi metode
}
Nahh jumlah parameter tidak terbatas, bisa lebih dari 1 ya teman-teman.
ini contoh nya lagi :
class Manusia{
  private String nama;
  public void gantiNama("String nama baru"){
  nama = namaBaru;
  }
  public void tampilNama(){
  System.out.println("Nama Saya: + nama");
 }
}
Seperti biasa, coba sama teman-teman sendiri ya :D

KONSTRUKTOR
Nah ini pembahasan yang terakhir. Yaitu mengenai Konstruktor
Apa sih konstruktor itu? Konstruktor itu merupakan metode yang dipanggil ketika sebuah Objek dibuat.
class NamaClass{
  //konstuktor
  namaClass(){
    //isi konstruktor
  }
}
Menggunakan Parameter
class Manusia{
  private String nama;
  public Manusia(String namaBaru){
    nama = namaBaru;
  }
  // isi kelas nya disini...
}
Pembuatan Objek
Manusia Adi = new Manusia ("Adi ROSADI");

2 comments

Anonymous
August 28, 2012 at 7:55 PM

Which language this blog is mate ?

August 30, 2012 at 7:05 AM

Indonesia dude.

Post a Comment