Tuesday, August 21, 2012

Cara Belajar Bahasa Pemograman yang Benar

Apakah anda ingin belajar bahasa pemograman ?. Mungkin ini tips yang cocok untuk anda.
Belajar bahasa Pemograman itu tidaklah mudah, dibutuhkan kerja keras dan konsistensi yang tinggi. karena belajar pemograman itu butuh pengorbanan yang tidak sedikit mulai dari mengorbankan waktu, begadang, stres dan emosi. Apalagi ketika error yang bekepanjangan. Berikut tips Panduan Belajar Bahasa Pemograman yang benar,efisien dan sistimatis.

1.Fokus pada satu bahasa Pemograman.
Memfokuskan diri untuk belajar Bahasa pemogramanadalah langkah awal yang baik, Karena dengan fokus pada satu bahasa pemograman anda akan lebih mudah memahaminya. Pengalaman saya bahwa belajar bahasa pemograman lebih dari satu, hal itu sangat membingungkan saya. Karena setiap bahasa pemograman memiliki penulisan dan logika yang berbeda-beda. Bila anda sedang belajar Visual basic , fokuslah pada visual basic dan hindari mempelajari bahasa pemograman lain. Kuasai visual basic sampai anda benar-benar menguasai, bila anda sudah merasa menguasai selanjutnya anda terserah mau belajar bahasa pemograman lain. biasanya orang yang baru ingin belajar bahasa pemograman memiliki semangat yang luar biasa. Sehingga sering sekali mencoba mempalajari lebih dari dua bahasa pemograman dan tentu saja hasilnya tidak akan maksimal. Fokus dan Fokus sampai anda menguasainya.

2.Belajarlah dari tahap Dasar
mempelajari tahap dasar adalah modal untuk mempelajari tahap lebih tinggi, jangan sekali-sekali mencoba untuk mempelajari tahap lebih tinggi sementara tahap dasar belum. inilah kelemahan dan kesalahan orang yang ingin belajar bahasa pemograman. Tidak sabar dan ingin cepat menguasai tanpa melewati proses, dan hasil juga akan sangat buruk, Materi dasar sering kali disepelekan atau dianggap tidak perlu padahal materi dasar sangatlah penting.

3.Belajar secara sistimatis
Ketika sedang mempelajari satu materi bahasa pemogrman, cobalah untuk benar-benar memahami materi tersebut. Hindari cara belajar hanya sekilas numpang lewat saja, Contohnya bila anda sedang mempelajari materi mengenai Deklarasi variabel, pahamilah materi tersebut sampai anda memahaminya. karena itu akan digunakan dimateri selanjutnya. Belajar bahasa pemograman tidak sistimatis akan mendapatkan hasil yang buruk, Bila anda sendang mempelajari bahasa pemograman dibab 1, pelajarilah kemudian bab 2 dan jangan langsung melompat kebab 3.

4.Read and Practice.
Read and Practice adalah sesuatu yang harus dilakukan, karena Belajar bahsa pemograman tidak seperti belajar pelajaran yang lainnya. ketika anda sedang membaca suatu materi langsunglah mempraktikannya dan pastikan anda memahami. Menurut pengalaman saya hal ini adalah cara jitu utnuk memahami suatu materi. Semakin banyak anda membaca dan berlatih coding akan semakin membuat anda memahami materi tersebut.

5. Pilih waktu yang tepat
Belajar pemograman itu sangatlah butuh konsentrasi yang tinggi, Pilihlah waktu yang tepat bagi anda untuk mempelajarinya. usahan memilih waktu dimana pikiran anda sedang keadaan rileks tanpa pikirian dengan demikian anda akan menyerap materi dengan mudah. karena bila otak anda dalam keadaan lelah dan banyak pikiran atau mood sedang buruk, akan berdampak pada coding. Akan banyak penulisan sintaks-sintaks yang salah dan megakibatkan error tida akhir ..heheheh.

Saya harap tips ini akan membantu anda, tips ini adalah pengalaman saya dalam belajar bahasa pemograman. Saya rasa bila anda melakukannya maka anda pasti bisa. Dan jangan Lupa latihan dan latihan, Good luck, selamat datang didunia programing.


"Coding is fun"

3 comments

Anonymous
February 21, 2013 at 11:05 AM

trimakasih atas. sarannya... membantu banget..

Anonymous
April 1, 2013 at 10:44 PM

Terimakasih banyak atas sarannya..sukses

April 23, 2013 at 7:28 AM

waduh tulisan ane nih gan...ternyata banyak juga yg suka...hahahah..

makasih gan sudah dicpypaste dr blog ane i-programer.blogspot.com

Post a Comment