Friday, May 2, 2014

Object Oriented Design

Assalamualaikum teman-teman semoga kalian selalu dalam keadaan selalu sehat dan bahagia. Amin...

Jalan dua bulan saya bekerja di Kota Jakarta sana, tersentak gua harus mengkahiri pekerjaan gua di Jakarta sana dengan alasan kepengen sekolah lagi di Kota tercinta Bandung. 
Gak bisa dipungkiri emang Bandung itu udah my home banget bagi gua, haha "Jadi curhat gini gua!"  XD

Hari ini hari pertama gua untuk belajar di sebuah tempat kursus yang boleh dikatakan emang sedikit tenar juga namanya di kota-kota yang sedang berkembang, jadi gua bakalan share tentang ilmu yang telah gua dapat hari ini. Semoga teman-teman dapat menyimak dan menambah ilmu juga.

Pada kesempatan ini gua mau flashback lagi ama teman-teman semua untuk belajar dasar-dasar pemograman. Gak bisa dipungkiri guys, emang belajar itu harus loh,,, Jangan anggap remeh dengan belajar. "itu sih pesan dari gua aja"  :D

Oke kali ini gua angkat judul Object Oriented Design, teman-teman semua di kalangan programmer tingkat dewa pastinya sudah kenal banget dengan Object Oriented Design ini pastinya. Karena dengan Object Oriented Design ini tidak bisa dipungkiri bahwa kalian Wajib Bisa  "saya garis bawahi" kenapa wajib bisa? Karena dengan Object Oriented Design ini adalah awal mula kalian dapat menggunakan bahasa pemograman, apabila kalian tidak bisa menguasai Object Oriented Design, hingga konsep UML dan sebagainya, kalian tidak akan bisa melanjutkan ke proses yang selanjutnya yaitu coding. Sebenarnya sih bisa saja, cuman... Kalian gak keren aja menurut gua kalau gak di mulai dari yang paling kecil. hehe  :p

Nah, pada akhirnya gua mau jelasin apa sih Object Oriented Design itu?

Object Oriented Design ini adalah proses mendefinisikan semua tipe dari objek yang dibutuhkan untuk berkomunikasi dengan user dan perangkat di dalam sistem, menunjukan bagaimana objek-objek tersebut saling berinteraksi untuk menyelesaikan tugas sehingga dapati di implementasikan dengan bahasa atau lingkungan tertentu.

Pastinya kalau kalian semua mendengar kalimat di atas sedikit pusing, mual, gak paham, dsb. :D
Oke kalau kalimat gua kayak gini guys, simple.

Object Oriented Design itu adalah: Serangkaian Objek yang bekerja sama untuk menyelesaikan suatu masalah.

Dengan kalimat di atas pastinya teman-teman insyalloh memahami maksud dari Object Oriented ini. Gak sampai sini, masih banyak lagi mengenai pembelajaran Object Oriented Design ini, kalian nantinya bakal di temukan dengan istilah-istilah Object Oriented Pemograman ini:
Teman-teman dapat klik satu persatu untuk istilah-istilah dari Obejct Oriented Design ini.

Selain itu apakah masih ada yang lain?

Masih banyak lingkup untuk belajar dasar pemograman ini, setelah kalian memahami yang namanya Object Oriented, lalu teman-teman mengenal Istilah-istilah dari Object Oriented, maka teman-teman nantinya bakal di temukan sama yang namanya Konsep-Konsep dari Object Oriented. Kita juga bakal bahas di halaman selanjutnya untuk mengenai konsep-konsep dari Object Oriented.

Didalam Konsep-Konsep Object Oriented ini terdiri dari
  • Enkapsulasi (Encapsulation)
  • Pewarisan (Inheritence)
  • Polimorfisme
Nah sebagian di atas ini adalah bagaimana cara menjadi seorang programmer serta analisis yang handal kelak nanti.
Mungkin sekian dulu pembahasan tentang Object Oriented Design ini teman-teman dapat mengklik satu per-satu link yang telah gua buat.

Saya haturkan terimakasih untuk teman-teman yang telah membaca.