Saturday, May 3, 2014

Istilah Object Oriented Design


Setelah #part1 telah teman-teman ketahui, dan telah di pelajari. Bahwa sesungguh nya untuk belajar pemograman itu memang ekstra kesabaran, serta ekstra akal sehat, haha :D

Iya karena teman-teman harus bersabar untuk belajar Object Oriented Design ini, karena dengan kalian tidak memahami apa arti dari OOP ini, maka anda tidak akan dapat langsung lihai untuk membaca analisis dari analisis.

Nah sesuai dengan janji gua, gua sekarang bakalan menjelaskan, menjabarkan, menjentrekan istilah dari OOP disini.

Apa saja sih istilah istilah Object Oriented Programming? Mungkin bagi kalian yang sudah baca dihalalaman sebelumnya yang berjudul Object Oriented Design pastinya tau dong istilah istilah dari Object Oriented ini.

Baiklah kali ini saya bakal menjelaskan ada apa saja dengan istilah istilah object oriented programming.

Istilah Istilah Object Oriented
  1. Object
    Untuk mempermudah pemahaman teman teman, gua bakal mempermudah kalimatnya.
    Pada dasarnya semua benda yang ada di dunia nyata ini adalah Objek.
    Contoh : Rumah, Mobil, Sepeda, Komputer, Gelas, Meja, Laptop, Handphone, Gitar, Dompet, Antena, Gedung, dsb.
    Nah, itulah yang namanya object, yang pastinya kalian harus ingat dengan Benda yang nyata itu disebut dengan Object. Setelah itu ada Tingkah Laku (Behavior) sebenarnya saya akan menjelaskan ini nanti dibawah.
    Behavior dari rumah apa aja?
    Contoh : RUMAH, maka attribute (state) nya adalah seperti gambar dibawah:
    Nah gambar di atas ini adalah Object dari RUMAH.
    Lalu behavior atau tingkah laku dari rumah itu apa?
    + Tempat Untuk Beristirahat
    + Tempat Untuk Makan
    + Tempat Untuk Belajar
    Maka dapat disimpulkan bahwa
    Object : Benda yang ada di alam ini. (Spesifikasi rumah apa aja sih?)
    Behavior : Segala tingkah laku (Rumah itu untuk apa sih?)

    Mungkin cukup jelas yah pembahasa tentang Object diatas ini, next kita lanjut... :D
  2. Class
    Class apabila di definisikan yaitu blueprint, yang nantinya akan mendefinisikan variabel-variabel dan method-method secara umum. Kalau menurut bahasa pakar itu Proses pembentukan objek dari suatu class disebut sebagai instation. kalau bahasa gua Objek merukapan hasil instantsiasi dari suatu class. Jadi ibaratnya class itu adalah design awal sebelum object.
    Sebagai contoh saya ambil contoh rumah lagi yah.



    Nah, gambar di atas sangat mewakili apabila seorang arsitek untuk membangun rumah. Gambar class sebelah kanan itu adalah blueprient, maka objectnya adalah rumah yang telah jadi... :D Paham ya teman-teman.
    Selain itu juga gua memiliki contoh dari gambar dibawah ini:
    Nanti akan kita berikan contoh dengan menggunakan bahasa pemogramannya

  3. Attributes
    Attributes itu merupakan nilai data yang terdapat pada suatu object yang berasal dari class. Attributes mempresentasikan karakteristik dari suatu object.
    Contoh :
    Pada Class Buah Terdapat Attribute : warna, rasa. Pada Object Mangga: warna berisi kuning, dan rasa asam, pada Object Apel : Warna berisi merah, dan memiliki rasa manis.
    itu kalau menurut para istilah dari pakar-pakar, tapi kalau bahasa gua tuh ibaratnya:
    Contoh:
    Attribute Pada Object Data D:/ "berisi file-file",
    Attribute Pada Object Data D:/Program/Software "berisi file-file applikasi yang dapat di akses oleh user".
    Attribute Pada Object Data D:/Document/ "Berisi file-file yang tidak dapat di akses, kecuali owner".
    Paham gak menurut kalian? Kalau tidak paham tanya saja :D
    Jadi intinya untuk Attributes ini adalah nilai yang terdapat suatu object yang berasal dari class.
    Contoh:
    Attribute Matakuliah : nama dosen, karakteristik dosen
    Object Mata Kuliah Pemograman : nama dosen Rosadi, Karakteristik Dosen yang baik
    Object Mata Kuliah Analisis : nama dosen Somed, Karakteristik Dosen Datar saat mengajar.
    Masih bingung kah kalian dengan contoh-contoh di atas? :p Saya kasih satu lagi contoh.
    Contoh
    Attribute Mobil: Tahun rakit kendaraan, pemilik kendaraan, nomor mesin mobil
    Object BMW : di rakit tahun 1990, Pemilik Rosadi, nomor mesin mobil 008
    Object Avanza : di rakit tahun 2005, Pemilik Dinda, nomor mesin mobil 009
    Kayak gitu teman-teman contohnya. Sebenarnya gak beda jauh dengan contoh object, dengan class, dan behavior, karena apa? yang udah saya jelaskan di atas, OOP itu Serangkaian objek yang bekerja sama untuk menyelesaikan suatu masalah. Paham ya :D
    Coba kalian buat beberapa contoh dari Attributes ya... :D

  4. Behavior
    Behavior itu adalah tingkah laku, hah maksudnya? :p
    Jadi gini, udah gua singgung di atas, kalau behavior itu karakteristik atau tingkah laku. Kalau kalimat yang gua buat seperti ini.
    Contoh :
    Rumah buat apa sih?
    - Beristirahat
    - Berteduh
    - Melepas lelah
    - Berkumpul dengan keluarga.
    Nah itu yang di maksud dengan behavior. Gua kasih contoh lagi
    Motor itu bisa apa aja sih?
    - Berjalan
    - Mengisi bensin
    - Menurun
    Itulah sekumpulan dari contoh Behavior... tapi kalau emang salah atau kurang benar, tegur gua ya guys, kan gua juga masih belajar.
Semoga materi ini dapat membantu.
Terimakasih