Teman-teman saya disini sekarang mau membahas tentang OOP (Objeck Oriented Programming).
Mungkin ada sebagian teman-teman yang belum mengenal hal yang satu ini tampak kebingungan apa sih si OOP ini?
Baik saya mencoba untuk menjelaskan perlahan-lahan tentang si OOP ini.
Yang akan dibahas didalam Part1 ini adalah:
~ Kelas
~ Objek
~ Properti
~ Metode
- Fungsi
- Prosedur
~ Parameter
~ Konstruktor
Mari kita mengenal point-point yang ada di atas.
-KELAS : Apa sih kelas itu? Kelas merupakan blueprint atau prototype objek.
-OBJEK : Nah apalagi itu objek? Nah kalau objek itu merupakan intansiasi dari sebuah class.
Pasti teman-teman sedikit bingung tentang penjelasan di atas tersebut. Saya coba jelaskan dibawah ini.
Sebagai Contoh
*Adi adalah seorang Manusia.
- Jadi Adi ini adalah sebuah Objek.
- Manusia adalah Class
*Mangga adalah sebuah Buah.
- Jadi Mangga ini adalah sebuah Objek.
- Nah kalau si Buah nya adalah sebuah Class.
Sekali lagi contohnya ya...
*Kucing adalah seorang Binatang.
- Kucing ini adalah sebuah Objek.
- Binatang in iadalah sebuah Class.
Sudah cukup mengerti kayaknya ini teman-teman untuk membahas tentang class dan objek. Nahh Kalau ada yang bingung dan mau menambahkan perbedaan antara kelas dan objek, bisa menambahkan di komentar ya teman-teman buat mendukung pembelajaran ini.
Nah, sekarang bagaimana sih pembuatan kelass itu? Teman-teman bisa liat contoh dibawah ini:
class NamaClass{
   //isi class
}
Misalnya
class Manusia{
   //isi class
} Nah selanjutnya teman-teman didalam Kelas ini ada ketentuannya. Ketentuannya bisa diliat dibawah ini:
- Nama class tidak boleh mengandung whitespace.
 - Nama class tidak mengandung karakter Unik.
 - Nama class tidak boleh diawali dengan Angka.
 - Nama class tidak boleh sama dengan identifier yang bisa digunakan java seperti "for", "if", "while".
 
NamaClass namaObject = new
    NamaClass();
Misal:
Adi Manusia = new Manusia();
Misal Lagi:
Mangga Buah= new Buah();
- Class utama merupakan kelas yang mimiliki metode:
 
public static void main(String[]args){
   //isi metode
}
- Class ini merupakan kelas yang dapat dijalankan sebagai program
 
- Public, artinya hanya dapat diakses oleh siapapun.
- Private, artinya hanya dapat diakses sendiri
- Protected, artinya dapat diakses oleh sendiri dan turunannya.
- Default, artinya hanya dapat diakses oleh sendiri, keturunannya dan yang berada dalam satu paket.
Hayo teman-teman bisa langsung demokan materi yang pernah saya kasih dulu, Yang berjudul tentang HelloWord Form Java teman-teman bisa ikutin codingnya di page tersbut.
PROPERTI
Nahh setelah panjang lebar membahas tentang kelas dan objek, kita lanjut lagi ke Properti
Apa sihh Properti itu??
- Properti itu merupakan karakteristik yang dimiliki oleh si Class.
- Contohnya, Manusia memiliki Nama, TanggalLahir, Alamat, Agama, dan lain-lain.
Pembuatan properti ini teman-teman bisa lihat koding dibawah ini:
class NamaClass{
 TipeData  namaProperti;
 Class  namaProperti;
}
Sebagai Contoh Propperti nya class Nama{
  public String namaDepan;
  public String namaBelakang;
}
Ini buat Kelas Manusiaclass Manusia public Nama nama; public int umur; }
Hayoo selanjutnya di coba sama teman-teman yaaa!!! :D
METODE
Selanjutnya kita akan bahas Metode
Terdapat 2 jenis metode, kalau teman-teman memiliki lebih dari 2 jenis, bisa kasih masukan ya.
- Fungsi, yaitu metode yang mengembalikan nilai.
 - Prosedur, yaitu metode yang tak mengembalikan nilai.
 
Nilai namaFungsi(){
  // isi fungsi
  return Objek Nilai;
}
Contohnya :String getName(){
   return "Nama Saya ROSADI";
}
Ini pembuatan prosedur
void namaProsedure(){
  // isi prosedure
}
Contohnya :void tampilkanNama(){
  System.out.println("Nama Saya Rosadi");
}
Hayoo selanjutnya di coba sama teman-teman yaaa!!! :DPARAMETER
selanjutnya membahas Parameter
apa sih parameter itu? Parameter itu adalah merupakan nilai yang akan disisipkan terhadap metode.
Sebagai contoh bisa diikutin koding dibawah ini:
void namaParameter(TipeParameter namaParameter){
 // isi metode
}
Nahh jumlah parameter tidak terbatas, bisa lebih dari 1 ya teman-teman.ini contoh nya lagi :
class Manusia{
  private String nama;
  public void gantiNama("String nama baru"){
  nama = namaBaru;
  }
  public void tampilNama(){
  System.out.println("Nama Saya: + nama");
 }
}
Seperti biasa, coba sama teman-teman sendiri ya :DKONSTRUKTOR
Nah ini pembahasan yang terakhir. Yaitu mengenai Konstruktor
Apa sih konstruktor itu? Konstruktor itu merupakan metode yang dipanggil ketika sebuah Objek dibuat.
class NamaClass{
  //konstuktor
  namaClass(){
    //isi konstruktor
  }
}
Menggunakan Parameterclass Manusia{
  private String nama;
  public Manusia(String namaBaru){
    nama = namaBaru;
  }
  // isi kelas nya disini...
}
Pembuatan ObjekManusia Adi = new Manusia ("Adi ROSADI");







2 comments
Which language this blog is mate ?
Indonesia dude.