Teman-teman saya disini sekarang mau membahas tentang OOP (Objeck Oriented Programming).
Mungkin ada sebagian teman-teman yang belum mengenal hal yang satu ini tampak kebingungan apa sih si OOP ini?
Baik saya mencoba untuk menjelaskan perlahan-lahan tentang si OOP ini.
Yang akan dibahas didalam Part1 ini adalah:
~ Kelas
~ Objek
~ Properti
~ Metode
- Fungsi
- Prosedur
~ Parameter
~ Konstruktor
Mari kita mengenal point-point yang ada di atas.
-KELAS : Apa sih kelas itu? Kelas merupakan blueprint atau prototype objek.
-OBJEK : Nah apalagi itu objek? Nah kalau objek itu merupakan intansiasi dari sebuah class.
Pasti teman-teman sedikit bingung tentang penjelasan di atas tersebut. Saya coba jelaskan dibawah ini.
Sebagai Contoh
*Adi adalah seorang Manusia.
- Jadi Adi ini adalah sebuah Objek.
- Manusia adalah Class
*Mangga adalah sebuah Buah.
- Jadi Mangga ini adalah sebuah Objek.
- Nah kalau si Buah nya adalah sebuah Class.
Sekali lagi contohnya ya...
*Kucing adalah seorang Binatang.
- Kucing ini adalah sebuah Objek.
- Binatang in iadalah sebuah Class.
Sudah cukup mengerti kayaknya ini teman-teman untuk membahas tentang class dan objek. Nahh Kalau ada yang bingung dan mau menambahkan perbedaan antara kelas dan objek, bisa menambahkan di komentar ya teman-teman buat mendukung pembelajaran ini.
Nah, sekarang bagaimana sih pembuatan kelass itu? Teman-teman bisa liat contoh dibawah ini:
class NamaClass{ //isi class }
Misalnya
class Manusia{ //isi class }
Nah selanjutnya teman-teman didalam Kelas ini ada ketentuannya. Ketentuannya bisa diliat dibawah ini:
- Nama class tidak boleh mengandung whitespace.
- Nama class tidak mengandung karakter Unik.
- Nama class tidak boleh diawali dengan Angka.
- Nama class tidak boleh sama dengan identifier yang bisa digunakan java seperti "for", "if", "while".
NamaClass namaObject = new NamaClass();
Misal:
Adi Manusia = new Manusia();
Misal Lagi:
Mangga Buah= new Buah();
- Class utama merupakan kelas yang mimiliki metode:
public static void main(String[]args){ //isi metode }
- Class ini merupakan kelas yang dapat dijalankan sebagai program
- Public, artinya hanya dapat diakses oleh siapapun.
- Private, artinya hanya dapat diakses sendiri
- Protected, artinya dapat diakses oleh sendiri dan turunannya.
- Default, artinya hanya dapat diakses oleh sendiri, keturunannya dan yang berada dalam satu paket.
Hayo teman-teman bisa langsung demokan materi yang pernah saya kasih dulu, Yang berjudul tentang HelloWord Form Java teman-teman bisa ikutin codingnya di page tersbut.
PROPERTI
Nahh setelah panjang lebar membahas tentang kelas dan objek, kita lanjut lagi ke Properti
Apa sihh Properti itu??
- Properti itu merupakan karakteristik yang dimiliki oleh si Class.
- Contohnya, Manusia memiliki Nama, TanggalLahir, Alamat, Agama, dan lain-lain.
Pembuatan properti ini teman-teman bisa lihat koding dibawah ini:
class NamaClass{ TipeData namaProperti; Class namaProperti; }Sebagai Contoh Propperti nya
class Nama{ public String namaDepan; public String namaBelakang; }Ini buat Kelas Manusia
class Manusia public Nama nama; public int umur; }
Hayoo selanjutnya di coba sama teman-teman yaaa!!! :D
METODE
Selanjutnya kita akan bahas Metode
Terdapat 2 jenis metode, kalau teman-teman memiliki lebih dari 2 jenis, bisa kasih masukan ya.
- Fungsi, yaitu metode yang mengembalikan nilai.
- Prosedur, yaitu metode yang tak mengembalikan nilai.
Nilai namaFungsi(){ // isi fungsi return Objek Nilai; }Contohnya :
String getName(){ return "Nama Saya ROSADI"; }
Ini pembuatan prosedur
void namaProsedure(){ // isi prosedure }Contohnya :
void tampilkanNama(){ System.out.println("Nama Saya Rosadi"); }Hayoo selanjutnya di coba sama teman-teman yaaa!!! :D
PARAMETER
selanjutnya membahas Parameter
apa sih parameter itu? Parameter itu adalah merupakan nilai yang akan disisipkan terhadap metode.
Sebagai contoh bisa diikutin koding dibawah ini:
void namaParameter(TipeParameter namaParameter){ // isi metode }Nahh jumlah parameter tidak terbatas, bisa lebih dari 1 ya teman-teman.
ini contoh nya lagi :
class Manusia{ private String nama; public void gantiNama("String nama baru"){ nama = namaBaru; } public void tampilNama(){ System.out.println("Nama Saya: + nama"); } }Seperti biasa, coba sama teman-teman sendiri ya :D
KONSTRUKTOR
Nah ini pembahasan yang terakhir. Yaitu mengenai Konstruktor
Apa sih konstruktor itu? Konstruktor itu merupakan metode yang dipanggil ketika sebuah Objek dibuat.
class NamaClass{ //konstuktor namaClass(){ //isi konstruktor } }Menggunakan Parameter
class Manusia{ private String nama; public Manusia(String namaBaru){ nama = namaBaru; } // isi kelas nya disini... }Pembuatan Objek
Manusia Adi = new Manusia ("Adi ROSADI");
2 comments
Which language this blog is mate ?
Indonesia dude.