Tuesday, June 24, 2014

Applikasi Convert Tanggal Lahir ke Hari C#

Assalamualaikum teman-teman, apakabar nya nih? Semoga selalu semakin sehat yah, Amin. Kali ini gua mau berbagi ilmu lagi nih ama teman-teman, pastinya teman-teman juga sudah lebih jago dari pada gua, tapi tak apalah gua mau berbagi aja dengan teman-teman semua ok. Kayaknya setiap kalimat gua kayaknya gak penah bagus nih, hahaha :D tapi teman-teman jangan pernah kapok dengan kalimat saya ini yah. xixi :D

Kali ini saya menunjukan applikasi convert tanggal lahir teman-teman ke hari. So, intinya program ini bisa menghitung udah berapa hari kalian hidup didunia ini. Nah teman-teman bisa menggunakan applikasi gua ini.

Tapi sebelum teman-teman semua mencoba, gua mau kasih tau cara buat applikasi ini, ya seperti biasa kali ini gua sedang memperdalam ilmu Visual Studio C#, sok kalian bisa coba ikutin code-code yang udah gua coba.

Gak usah banyak cing-cong lagi, kita langsung coba aja yah. 
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Text;

namespace PenggunaanTypeData
{
    class Program
    {
        static void Main(string[] args)
        {
            
            ushort hari, bulan, tahun;
            Console.WriteLine("Applikasi Hitung Hari Usia Anda");
            Console.WriteLine("-------------------------------");

            try
                {
                    Console.Write("Tanggal Lahir : ");
                    hari = Convert.ToUInt16(Console.ReadLine());

                    Console.Write("Bulan Lahir : ");
                    bulan = Convert.ToUInt16(Console.ReadLine());

                    Console.Write("Tahun Lahir : ");
                    tahun = Convert.ToUInt16(Console.ReadLine());

                    DateTime ulangtahun = new DateTime(tahun, bulan, hari);
                    DateTime hariIni = DateTime.Now;

                    TimeSpan usia = hariIni.Subtract(ulangtahun);
                    Console.WriteLine("-----------------------------------------------");
                    Console.WriteLine("Umur kamu adalah {0} hari, {1} jam " + "{2} menit.", usia.Days, usia.Hours, usia.Minutes);
                }
                catch (FormatException e)
                {
                    Console.WriteLine("Data Tanggal, Bulan, Tahun, harus berupa angka");
                }
                catch (Exception e)
                {
                    Console.WriteLine("Terjadi Kesalahan ", e.Message);
                }
        }
    }
}
Nah, maka hasil dari program tersebut seperti gambar dibawah ini:
Gimana lumayan oke kan? Jadi kalian bisa tau, udah berapa hari sih kalian tinggal di dunia ini. xixi :D
Kalian bisa modif lagi dan bisa di kembangkan lagi. bebas :D
Sekian dari saya, Terimakasih